Wednesday 16 August 2017

Tips Hemat ala Ute si #PejuangIrit Sejati

Hai para #PejuangIrit!
Yang bukan #PejuangIrit juga Hai >,<

Eh, apa salahnya menyapa semua orang yakan? Siapa tau yang sudah membaca tulisan ini bisa menjadi #PejuangIrit yang lebih bijak dalam menggunakan uangnya #aseek #tumbenbener 

Back to the case!

Daripada bicara ngalor ngidul, langsung simak aja yuk tips hemat ala Ute ^^

1. Susun Anggaran Bulananmu!

Dari sederetan tips hemat yang pernah ute baca, menyusun anggaran bulanan menempati posisi pertama. Anggaran bulanan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan dana selama satu bulan. Untuk menyusun anggaran bulanan, tidak ada format khusus ya! Namun biasanya ute bedakan jenis biayanya yaitu fixed cost (FC)/anggaran tetap dan variabel cost (vc)/anggaran tidak tetap. Dibawah ini hasil capture contoh anggaran bulanan!
Contoh anggaran bulanan versi ute
Itu hanya gambaran saja ya karena setiap orang pasti memiliki FC berbeda. Pada dasarnya FC ini suka tidak suka WAJIB dibayar dengan jumlah tetap. Sedangkan VC nilainya akan berubah sesuai dengan jumlah yang kita "konsumsi". Misal, selama satu bulan kita menggunakan listrik secara hemat maka tagihan listrik pun akan berkurang jumlahnya dari bulan sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menjadi #PejuangIrit, kalian bisa "bermain" dengan VC. Misal untuk menghemat biaya konsumsi bukan berarti kita mengurangi jumlah makanan tapi dengan cara masak sendiri. Mengurangi tagihan listrik dengan mematikan lampu yang tidak digunakan dan memastikan peralatan elektronik dalam kondisi OFF bukan standby.

2. Bedakan Keinginan vs Kebutuhan ya Guys!

Ada ilustrasi yang menarik nih untuk menjelaskan perbedaan keinginan dan kebutuhan!
Sumber gambar : www.dzofar.com
Ilustrasi : Keinginan vs Kebutuhan
Walaupun cukup ekstrem namun ilustrasi diatas cukup memberikan pemahaman tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan. Pada ilustrasi tersebut, ada laki-laki yang memiliki keinginan untuk membeli mobil. Namun kebutuhan sandangnya yaitu pakaian belum dipenuhinya.
Laki-laki tersebut memiliki uang Rp. 200.000.000 yang cukup untuk membeli mobil seharga uang yang dimilikinya. Pertanyaan ute, apakah dengan membeli mobil, laki-laki tersebut sudah melakukan hal yang tepat? Jawabannya jelas TIDAK! Apa yang dilakukannya yaitu mendahulukan keinginan dibandingkan kebutuhan sangatlah tidak tepat. Dimana seharusnya ia mendahulukan kebutuhannya dari mulai sandang, pangan dan papan alih-alih membeli mobil meskipun ia mampu. Oke oke.. got it?

3. Menjadi #PejuangIrit Sejati Sist ^^

Teman     : Te, lo irit banget sih. Sekali-kali nikmati hidup lah
Ute          : Eh? maksudnyaa? Emang orang irit gk nikmatin hidup?
Teman    : Ya, soalnya gw liat lo ribet banget dah kalo belanja. Banding-bandingin harga dari semua                    marketplace di Indonesia. Heu sama diri sendiri aja pelit lo -_-"
Ute         : ah elaaah.. lo mah belum tau ya perbedaan irit dan pelit? nih gw kasi tau!

irit a hemat; tidak boros: penggunaan bensin mobil ini --;
pe·lit a kikir; lokek: orang -- tidak suka memberi sedekah;

Ute         : Noh jelaskan perbedaannya? justru dengan menjadi #PejuangIrit gw jadi bisa sedekah 
Teman   : Oalaah.. beda ya berarti. Hahaha tapi emang ini perintah Yang Maha Kuasa bu?
Ute        : Yee. Nih gw kasih ayatnya..


"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboro-pemboros itu adalah saudara-saudara setan" (Al-Israa Ayat 26-27)

Teman  : Gils! Pesantren kilat dari mana lo? Tapi tetep aja, lo gk ribet apa? mesti banding-bandingin                  harga -_-"
Ute      : ENGGAK. Lo gk tau ya? sekarang ada marketplace yang ngasih #GaransiHargaTermurah !
             Free ongkir se Indonesia! Ditambah kalo lo nemu harga yang lebih murah, bisa diganti                        2XLIPAT! Makanya gw rajin bandingin harga hahahaa..Kalo ada yang lebih murah ngapain                beli yang mahal iya nggak? nih buktiin sendiri dah Shopee Indonesia

Masih mau hidup boros? Yakin tidak ingin menjadi #PejuangIrit? Thinks again!

4. Bandingkan Harga!

Tips hemat berikutnya adalah membandingkan harga ketika akan berbelanja. Ute ambil contoh, misalnya ute akan membeli produk lipbalm. Bagi ute, lipbalm termasuk kebutuhan karena bila tidak terpenuhi maka bibir ute kering :'( . Lipbalm termasuk yang sering ute beli dibandingkan jenis kosmetik yang lain yaitu hampir sebulan sekali. Maka ute harus bisa mendapatkan produk lipbalm dengan harga yang paling murah supaya bisa menghemat :D . 
Caranya:
a. Buka link ini #GaransiHargaTermurah
b. Pilih ketegori produk Perawatan dan Kecantikan 
c. Pilih sub kategori Kosmetik Bibir
d. Pada kolom pencarian ketik lipbalm Wardah 
c. Lihat di marketplace lain, cari produk yang sama
d. Bandingkan harganya
e. Cek apakah ada layanan gratis ongkos kirim ke semua daerah?
f. Tentukan marketplace yang paling murah dan belanjalah produk lain yang kamu butuhkan ^^

Perbandingan harga lipbalm wardah antara marketplace Shopee dengan Lazada
Hasil perbandingan harga lipbalm Wardah antara Shopee dan Lazada ini tanpa rekayasa ya. Harga
yang tercantum itu harga setelah di diskon loh. Padahal nih ya, di Lazada diskonnya lebih GEDE 40% , di Shopee diskonnya 18% tapi hasilnya tetep lebih murah Shopee?! Duh #etaterangkanlah >,<

Jangan tergiur PERSEN DISKON YANG GEDE! Itu belum tentu yang PALING MURAH :)

Sementara tips hemat ala ute si #PejuangIrit itu dulu ya.. yang penting komitmen dengan anggaran bulanan, mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan, tidak gengsi menjadi #PejuangIrit dan tidak malas membandingkan harga :)

#PejuangIrit #MERDEKA !!

2 comments:

  1. ilustrasi nomer 2 ngena bgt! wkwk benar sekaliii diskon gede belum tentu yg paling murah aheyyy:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ciwiciwi ya kak lihat tas, baju, celana , barang-barang unyu udah langsung tergodaaa >.< ditambah godaan diskon GEDE padahal mah gk perlu-perlu banget wkwkwk

      Delete

HATI-HATI MODUS PENIPUAN BURUNG BEO !

 Kamis, 5/7/2019, ute kena tipu sama sekomplotan penipu dengan modus BURUNG BEO GAESS ! Perasaannya campur aduk gitu sih ya. Antara gak nya...