Wednesday 3 May 2017

10 Makanan Sehat Praktis Ala Anak Kosan

こんにちは!

Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! 

karena jadi tidak sehat itu sakit -_-"
-quote of the day-

Hahaha, LoL quote apaan itu utee >,< tapi percayalah, kalian tidak bisa memungkirinya kan?iya kan?! Maksa ya.. :D

Ute sengaja membuat tulisan ini karena belum lama ini, teman ute sakit :(. Usut punya usut, teman ute ini seorang workaholic yang pasti sepaket juga sama jadwal makan yang berantakan. Ditambah pula jenis makanan yang dikonsumsi pun lebih banyak yang junk food . Duh anak kosan jangan kek gini ya.. Selimit-limitnya waktu yang kalian miliki, please sediakan waktu untuk memberikan nutrisi yang baik untuk sel-sel tubuhmu. Okee? Oke ya!

Pernah mendengar istilah "you are what you eat"? Kamu adalah apa yang kamu makan! Yap, ini istilah yang sangat menginspirasi ute untuk kembali ke jalan yang benar, jikalau udah makan yang aneh-aneh *utegakmakanbelinglhoyaa hahaha

Sebelum membahas jenis makanan sehat yang praktis, ute akan membahas peralatan tempurnya dulu guys! Kudu pinter nih buat memilih peralatan yang simpel, murah tapi multifungsi! Ute share ah foto peralatan masak yang simpel dan multifungsi. Ute pilih MASPION! sebagai wujud cinta produk Indonesia #halah :D
Mug Elektrik Multifungsi Maspion


Mug elektrik multifungsi dari Maspion ternyata sangat cocok untuk anak kosan guys! Ute sempat menyesal sih beli kompor mini, teplon etc. Belum harus beli gas 250 gr seharga Rp 18.000 yang baru 3kali masak udah abis hahaha. Mending ini deh. Seriusan! Cukup modal 200 ribuan, udah bisa masak segala macem makanan sehat tanpa mikirin "bahan bakar" karena pake listrik ibu kosan wkwkwk *jiwa anak kosan terpanggil Kok jadi kaya promosi ya? Kita lanjut ke inti utama saja ya, bahas 10 makanan sehat yang bisa dibuat dalam tempo yang sesingkat-singkatnya! Chek it out!

1. Havermout

Havermout atau yang lebih dikenal dengan istilah oatmeal merupakan salah satu jenis makanan instan yang cukup sehat. Tapi ingat yang 100% oat ya. Karena sudah banyak beredar oat yang ditambahi dengan bahan tambahan seperti gula, natrium dan perisa lain yang kurang baik untuk tubuhmu! Lalu bagaimana cara menyajikan oat yang sehat?

#HOW
Ambil oat sebanyak 3 sendok makan oat (mengandung sekitar 140 kkal) lalu siram dengan air panas sekitar 1/2 gelas belimbing. Tunggu 4 menit sampai oat mengembang dan terlarut. Aduk dan tambahkan madu serta buah-buahan yang kamu suka. Atau bisa juga dengan telur rebus :) As simple as that!
Havermout/ oatmeal
2. Telur Rebus
Telur ayam termasuk makanan wajib nih bagi anak kosan. Cukup dengan 1500 rupiah, udah bisa memberikan asupan protein dan lemak untuk tubuhmu! Dengan syarat tanpa mengolahnya secara aneh-aneh ya, cukup direbus! yap!

#HOW
Simpan telur ayam di dalam mug elektrik, lalu tambahkan air sampai telur tersebut terendam. Masak telur sesuai dengan tingkat kematangan yang kamu sukai :)
Telur rebus dengan sayur bayam
3. Sayur Bayam

Siapa yang tidak kenal dengan makanan favorit Popeye Si Pelaut ini? Kenal dong yaa.. makanan yang bisa membuat Popeye menjadi kuat! hihihi itu bukan sekedar gurauan loh. Menurut pandangan ute sih, si penulis ingin menyampaikan pesan kepada anak-anak untuk menyukai sayur-sayuran. Salahsatunya sayuran bayam yang kaya dengan zat besi ini. Tau kan kalo kita kekurangan zat besi, tubuh kita jadi lemah! 

#HOW

Potong 1 ikat sayur bayam, cuci bersih. Didihkan air lalu masukkan bayam, bawang putih (digeprek), dan tomat. Masak kira-kira 4 menit ya, jangan sampai daun bayam berubah warna jadi kehitaman. Angkat dan nikmati selagi hangat *tambah garam secukupnya,,slurrpp :)

4. Bubur Sumsum

Jangan terkecoh dengan namanya ya guys hihihi. Namanya bubur sumsum tapi bahan bakunya terbuat dari tepung beras kok ini. Ini termasuk sumber karbohidrat yang jangan sampai kalian lewatkan. Rasanya hmm,,. ute suka ute sukaaa >,<
indonesianfood21.blogspot.com
#HOW

Didihkan 2 gelas air (bisa ditambahkan santan kalo suka). Larutkan tepung beras sekitar 2 sendok muncung dengan menggunakan air matang. Masukkan tepung beras yang sudah terlarut kedalam air yang mendidih sambil diaduk. Masak sampai bubur licin dan tidak menempel dengan alat masak yang digunakan. Sajikan dengan sirup gula merah atau boleh juga madu dan susu kental manis.

5. Roti Bakar

Roti termasuk kategori makanan mewah buat anak kosan >,< ! hahaha becanda ya. Lah tapi emang iya sih, masalahnya 1 pack roti tawar (dapat sekilo beras) tidak akan cukup membuat anak kosan kenyang seharian  yang berimbas pada biaya makan  yang meningkat tajam wkwkwk.
www.qbistro.com
#HOW

Panaskan pemanas mug elektrik, lalu olesi dengan mentega. Panggang roti dengan tingkat kegosongan yang kalian sukai *sebenarnya ini penyalahgunaan mug elektrik hahaha

6. Pisang Bakar

Pisang merupakan salah satu jenis buah penghasil energi secara singkat. Oleh sebab itu, pisang banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding. Kerenkan buah favorit ute ini?? hihihi

ervitaativre.wordpress.com
#HOW

Panaskan pemanas mug elektrik, lalu olesi dengan mentega. Panggang pisang dengan tingkat kegosongan yang kalian sukai. Parut keju dan tambahkan susu kental manis, slurrppp enyaaak 

7. Pecel


Pecel yang ute maksud disini bukan pecel ayam atau pecel lele ya guys. Pecel literally pecel :p. Yap, pecel dari sayuran yang dikukus dan disiram dengan bumbu pecel. Lalu bagaimana cara membuat salad ala-ala orang Indonesia ini?

en.wikipedia.org/wiki/file:pecel_solo.jpg
#HOW

Siapkan bermacam-macam sayuran yang kalian suka. Kalau ute sih biasanya bayam, toge,  kacang panjang, wortel, labu, dan kol. Cuci bersih lalu kukus sayuran tersebut. Angkat dan dinginkan. Siapkan bumbu pecel dengan cara melarutkannya menggunakan air hangat. Siram sayuran dengan bumbu pecel dan lengkapi dengan telur rebus, dan rempeyek :')

8. Mix Porridge


Gayamu tee! hahaha intinya bubur campur-campur >,<. Bubur biasanya identik dengan orang-orang sakit padahal pandangan tersebut kurang tepat loh. Menurut ute justru bubur adalah makanan untuk orang-orang yang tidak ingin sakit. Bubur membantu meringankan saluran pencernaan kita untuk mencernanya. Terlebih lagi untuk orang-orang yang memiliki riwayat sakit maag pasti sangat tertolong dengan bubur. Lalu bubur seperti apa yang sehat?


Instagram @fridajoincoffee
#HOW

Siapkan nasi yang sudah matang sebanyak yang kalian suka dan masukkan ke dalam mug elektrik. Tambahkan air sampai merendam nasi setinggi jari telunjuk kalian. Aduk terus sampai nasi sudah menjadi bubur #eaa hahaha. Untuk melengkapi kandungan gizinya, kalian bisa menambahkan irisan wortel, kentang, jagung, sosis, bakso, dan bayam (terakhir dimasukkan). hmm enaaak.

9. Kentang Rebus


Kentang merupakan sumber karbohidrat yang digemari oleh semua kalangan. Saat ini, kentang banyak dijajakan oleh pedagang dari kelas kaki lima sampai bintang lima. Namun pengolahan kentang yang dijual dipasaran cenderung tidak menyehatkan karena diolah dengan cara digoreng dan ditambahi bumbu-bumbu yang tinggi natrium. Lalu jenis pengolahan apa yang bisa mempertahankan kandungan gizi kentang tanpa mengubahnya menjadi junk food? Yap. Direbus.

www.mccainpotatoes.ca

#HOW
Masukkan kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam mug elektrik, lalu tambahkan air sampai terendam. Masak kentang selama kurang lebih 20 menit. Atau dengan melakukan tes tusuk menggunakan garpu. Nikmati dengan lauk pauk yang lain.

10. Tahu Rebus


Tahu disebut-sebut sebagai sumber protein nabati dengan harga terjangkau. Terbuat dari kedelai dengan melauli serangkaian proses sampai akhirnya kandungan gizi yang dimilikinya bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Hampir sama dengan nasib si kentang, tahu yang seharusnya merupakan makanan sehat kini lebih banyak dijajakan sebagai junk food! Sekali-kali boleh lah yaa.. tapi ingat jangan keseringan :)

www.thekitchn.com
#HOW

Pilih tahu yang berwarna putih wajar dan tidak terlalu kenyal. Hindari memilih tahu berwarna kuning apalagi jika kalian tinggal di daerah perkotaan! Kalau memang ingin berwarna kuning, kalian bisa merebus tahu tersebut dengan kunyit. Sebelum merebus tahu, cuci terlebih dahulu menggunakan air panas ya guys. Takutnya ada penjual yang curang menambahkan formalin! hiy.. tenang. kalian bisa mengurangi kadarnya kok karena pada dasarnya formalin bersifat larut dalam air.  Setelah dicuci, rebus tahu selama 10 menit. Kalian bisa langsung menikmatinya atau bisa juga ditambahkan dengan sedikit garam. Ini enak loh! :p

Menjadi sehat bukan berarti tidak bisa makan enak ya.. jenis-jenis makanan sehat yang praktis di atas buktinya! hmm enak kan?!

Hidup sehat itu ENAK!

おいしいです!

No comments:

Post a Comment

HATI-HATI MODUS PENIPUAN BURUNG BEO !

 Kamis, 5/7/2019, ute kena tipu sama sekomplotan penipu dengan modus BURUNG BEO GAESS ! Perasaannya campur aduk gitu sih ya. Antara gak nya...