Monday 24 April 2017

Beberapa Contoh Soal VMI dan 15FQ+

おはようございます!

Selamat pagi

Hari ini tanggal 25 April 2017 waktu yang dijadwalkan untuk melakukan assessment online dalam proses seleksi beasiswa LPDP. Saya memutuskan untuk berangkat ke kantor tempat saya kerja lebih pagi dari biasanya yaitu pukul 6. 30 WIB. Harapannya dapat melakukan test pada waktu yang tidak "sibuk" agar sistem mudah di akses dan juga tidak mengganggu perkerjaan saya. 

Pada tulisan sebelumnya, saya membahas tentang VMI dan 15FQ+. Hanya sebatas gambaran umum tentang VMI dan 15FQ+ yang menjadi bahan untuk assessment online. Beberapa teman meminta saya untuk mengirimkan soal mengenai assessment online tersebut. Namun berhubung koneksi internet saya yang payah saya belum bisa membuat tulisan tentang VMI dan 15FQ+. 

Saat ini, saya dalam keadaan sudah melakukan test tersebut. Akan saya bagikan sedikit pengalaman saya dalam menjawab pertanyaan VMI dan 15FQ+. Pada halaman pertama ketika membuka link yang sudah diberikan tim teknis LPDP, peserta akan disajikan dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi mulai dari spek pc/ laptop yang digunakan sampai dengan waktu pengerjaan yang harus diperhatikan oleh peserta. 

Laman awal
Tim teknis juga menjelaskan bagaimana cara untuk mengisi pertanyaan VMI dan 15FQ+. 
Cara menjawab pertanyaan



Test yang pertama kali diujikan adalah VMI (Value Motive Inventory) dengan 122 pertanyaan dilanjutkan dengan 15FQ+ dengan 200 pertanyaan. Tidak jauh dari perkiraan saya, test tersebut mirip sekali dengan test psikologi. Tidak ada jawaban benar atau salah. Jadi kalem aja jawabnya. Itu seperti sedang menjelaskan kepribadian kita. Be yourself aja. Jawab sesuai dengan hati kalian. #aseek

Perbedaan antara VMI dan 15FQ+ ini tidak terlalu signifikan. Hanya berbeda pada pilihan jawaban. 

Pada test VMI terdapat 5 pilihan jawaban yaitu:
1. Sangat setuju
2. Setuju
3. Ragu-ragu
4. Tidak setuju
5. Sangat tidak setuju

Pada 15FQ+ terdapat 3 pilihan jawaban yaitu:
1. Benar
2. ?
3. Salah

Pilihan jawaban pada test VMI bersifat tetap. Artinya tidak ada perubahan bagaimanapun pertanyaan yang disajikan. Sedangkan pada test 15FQ+ bersifat conditional mengikuti pertanyaan. Sebagai contoh:

Moto mana yang lebih anda sukai?
1. Jangan pernah percaya pada orang lain
2. ?
3. Jangan pernah menyerah

Anda terbangun ketika mengalami mimpi buruk
1. Sering
2. Kadang-kadang
3. Jarang

Salah satu contoh soal 15FQ+

Awalnya saya ingin mendokumentasikan soal tersebut, namun karena takut menyalahi aturan, gk jadi deh >,< ごめんなさい!Pertanyaannya tidak jauh seputar kepribadian kok. Jadi jangan takut! hihi jujur-jujuran aja yaa. Ute share beberapa pertanyaan yang menarik perhatian ute aja yaa

1. Siput adalah hewan yang paling cepat di dunia?
2. Bahasa nias adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia?
3. Anda dikenal sebagai orang yang ceria?
4. Orang mengenal anda sebagai orang yang praktis dan realistis?
5. Keong adalah hewan yang paling cepat di dunia?
6. Ada saat-saat dimana anda menangis ketika menonton film yang menyedihkan?
7. Anda tidak akan nyaman ketika harus sendiri dalam jangka waktu yang lama?
8. Anda akan mengingatkan orang ketika melakukan kesalahan?
9. Anda dikenal sebagai "duta pesta"?
10. Film mana yang lebih anda sukai?

Nah kan, pertanyaannya kurang lebih seperti itu. Jadi tunggu apa lagi! Mari selesaikan dengan jawaban yang sesuai dengan diri kalian yaa... Keep calm and がんばってください!


またね!





12 comments:

  1. Itu cara jawab keong dsn siput paling cepat di dunia gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya sih jawabnya: Sangat tidak setuju. Karena saya realistis hehe..

      Tapi pas saya tanya teman saya (bukan aplikan), dia bilang setuju wkwkwk.. katanya di cerita dongeng aja dia bisa mengalahkan kelinci.

      Nah jadi itu kembali ke pribadi masing-masing :D

      Delete
  2. Halo Ute salam kenal. Kebetulan saya mendaftar LPDP untuk tujuan LN dan ingin menanyakan lebih jauh mengenai assessment online. Boleh tau email Ute? thank you

    ReplyDelete
  3. assalamu'alaikum, salam kenal kak. saya iyat saya juga mendaftar LPDP tujuan LN, kalau boleh saya juga mau sharing dan tanya2 melalui email tentang online assesment dan seputar lpdp boleh gak kak?

    ReplyDelete
  4. Salam kenal. Boleh tanya, pernahkan (kalau ada info) ada peserta yang tidak lolos di test ini, dan kalau ada, kira2 alasannya apa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga penasaran penilaian LPDP itu bagaimana. Kira-kira kriteria sepertia apa yang diinginkan

      Delete
    2. ikut balas kalau boleh. assesment online ini tidak ada salah dan tidak ada benar. semua yang mengikuti tahapan ini sesuai jadwal tetap akan lanjut di tes wawancara.tes ini (spt yg disebutkan diatas) adl spt psikotes, utk menunjukkan kepribadian applicant sehingga waktu di tes wawancara, interviewer tau sedikit banyak atau gambaran mengenai applicant. semoga membantu. thanks

      Delete
    3. Ada yang tidak lolos. Teman saya sendiri mengabarkan bahwa dia tidak lolos melewati tahapan Online Assessment. Bahkan ada yg menyebutkan test OA ini memangkas peserta cukup banyak.. 40-60% (kemarin yang DN) lolos ke tahap substansi hanya sekitar 1000 peserta

      Delete
  5. Apakah di sesi ini ada tes soal TPA? terkait TPA nya apakah disesuaikan dengan jurusan yang kita pilih atau sama saja semuanya?

    ReplyDelete
  6. halo kak, kira2 kakak tau ga ada buku tentang psikotes VMI dan 15FQ+? Kalo misal ada tolong kasih tau ya kak, mau buat latihan. Makasih

    ReplyDelete

HATI-HATI MODUS PENIPUAN BURUNG BEO !

 Kamis, 5/7/2019, ute kena tipu sama sekomplotan penipu dengan modus BURUNG BEO GAESS ! Perasaannya campur aduk gitu sih ya. Antara gak nya...