Seperti yang sudah dibocorkan pada judul di atas, kali ini ute akan membahas langkah-langkah yang harus kalian lakukan jika ingin melanjutkan studinya di IPB. Gampang loh.. cuma ada TIGA LANGKAH! Apa saja? Yuk kita bahas satu persatu :)
Langkah 1 Membuat Akun Pendaftaran
Untuk daftar kuliah di IPB khususnya S2, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun pendaftaran. Bagaimana caranya? Cukup mengisi form kelas reguler atau form kelas khusus.
Setelah mengisi form dan klik daftar maka sistem akan mengirimkan verifikasi akun ke email yang kalian gunakan. Jadi pastikan menggunakan email kalian yang aktif ya.
Dalam email tersebut, terdapat nomor pendaftaran yang selanjutnya berfungsi sebagai billkey pada saat kita melakukan pembayaran.
Langkah 2 Verifikasi Pin
Perbedaan proses pendaftaran online IPB dengan kampus lain terletak pada proses pembayarannya. Berdasarkan pengalaman ute, kalau di kampus lain kita bisa mengupload dokumen terlebih dahulu. Nah di IPB lain lagi, kita harus melakukan pembayaran sebesar Rp. 750.000 terlebih dahulu kemudian bisa melakukan verifikasi pin. Setelah verifikasi pin berhasil, maka si pendaftar baru bisa melengkapi data yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Hmm mungkin tujuannya untuk menghindari beberapa pendaftar yang PHP kali yess >,<
Untuk pembayaran, saran ute sih lakukan di bank atau atm BNI yang merupakan bank mitranya IPB.
Tata cara pendaftaran bisa dilihat disini. Pembayaran via teller, ute rasa lebih recommended sih. Dimana bukti pembayarannya cukup besar ukurannya. Kalau via atm, struknya kecil :v . Oh iya, tambahan juga kalo misalnya teteh teller bingung, kasih aja panduan tata cara pembayarannya lalu infokan nomor pendaftaran kalian. Jangan sampai salah! soalnya dalam sistemnya tidak ada konfirmasi ulang nama kita. Nih sebagai contoh bukti pembayaran ute ya!
Langkah 3 Lengkapi Data
Langkah terakhir setelah verifikasi pin adalah melengkapi data. Dalam proses melengkapi data tersebut, kalian harus melewati 10 tahap sebagai berikut:
Step 1 |
Step 2 |
Step 3 |
Step 4 |
Step 5 |
Step 6 |
Step 7 |
Step 8 |
Sementara ini, baru sampai tahap 8 ya.. karena di tahap 9 itu tahap melengkapi data yang sesungguhnya. Hahaha upload-upload dokumen gengs. Pada tahap itu, kita gak bisa ngesave sebagai draft gitu. Jadi harus sekaligus uploadnya. Hmm.. intinya yang diupload itu adalah (S2 only ya ini ):
1. Bukti pembayaran (jangan sampai hilang)
2. Ijazah S1 (Fotocopy legalisir)
3. Transkrip S1
4. Nilai Toefl (optional)
5. Nilai TPA >=450 (untuk IPK antara 2.0-2.5 , selain itu tidak wajib)
6. Formulir C-1
7. Formulir C-2
8. Formulir C-3
9. Formulir D
10. Sinopsis Penelitian
11. Surat Izin Atasan
12. Pas Foto Terbaru
13. Formulir E
Dokumen yang diupload tidak boleh melebihi 10 MB (total) . Jadi usahakan per dokumen dibawah 1 MB ukurannya. Ute masih tertahan di step 9 nih hohoho. Belum sempat minta surat rekomendasi dosen. Jadi dicukupkan dulu ya sharing-sharing nya hehehe Jika teman-teman masih bingung silakan koment aja di bawah :) . Jangan ragu ya hihihi .....
Mau tanya, Surat ijin atasan kalo nggak ada nggak apa apa ?
ReplyDeletekalo mengisi "bekerja" pada pertanyaan sebelumnya, maka surat izin atasan wajib di upload kak ^^ . Kalau tidak mencentang bekerja, tidak ada dalam daftar dokumen yang harus diupload kak / atau tidak wajib
Deleteada di step 5 dalam proses Lengkapi data kak. Bisa memilih "belum bekerja" kalo misalnya tidak ada surat izin atasan
DeleteMau tanya,jika sudah sampai tahap 10 dan telah menyutujui,dan sudah bisa cetak form A. Berarti sudah selesai semua tahapan kan? Apakah itu tandanya kita sudah terdaftar? Terimakasih
ReplyDeleteBetul kak, berarti kita telah terdaftar sebagai calon mahasiswa pascasarjana IPB. Baru nanti akan ada pengumuman berikutnya melalui seleksi akademik dengan melihat berkas yang sudah kita submit.
ReplyDeleteSrtelah pengumuman dan funyatakan diterima, apa yg harus kita lakukan?
ReplyDeleteBerikutnya verifikasi dokumen asli kak.. huff maaf baru bacaa
DeleteHai kak, saya berniat daftar S2 IPB nih. Bolehkah saya minta rekom dr kakak?:)
ReplyDeleteHallo kakak.. rekomendasi apanya nih kak? Hehehe
DeleteKak, saya mau nanya nih, saya gak tau kakak blognya masih aktif apa gak, saya kan blm bekerja sama sekali, abis lulus s1 nganggur terus milih buat kuliah lagi dan mau ngambil s2 di IPB, nah di surat rekomendasi ada tulisan yg diberi rekomendasi, jabatan dan instansi, kalau blm kerja, apa boleh di strip atau di kosongin. Dan saya mau tanya sinopsi penelitian itu wajib apa gak kak? Soalnya di persyaratannya cuma yg ambil s3 dan research aja. Makasih saya tunggu jawabannya.
ReplyDeleteKak aku juga bingung bagian ini. Kaka jadinya kemarin gimana?
Deletekak maaf mau tanya, kan sekarang masoh covid.. dosen pemberi rekomendasi untuk saya bilang ada link online ga untuk surat rekomendasinya.. saya bingung krn yg di download formulir c itu bentuk pdf.. sebenernya setlah formulir c diisi dosen pemberi rekomendasi itu kita yg upload sendiri atau gmn dosennya yang menyampaika ke ipb langsung kak?
ReplyDeleteBantu jawab ya kak, ini ada di web admisi.ipb.ac.id
DeleteBagi calon mahasiswa pascasarjana yang mengalami kesulitan untuk meminta rekomendasi secara langsung kepada pemberi rekomendasi pada situasi pandemi corona saat ini, silahkan menggunakan link rekomendasi online berikut ipb.link/rekomendasi-ipb untuk dapat diisi oleh pemberi rekomendasi. Pada step pengisian rekomendasi pada laman pendaftaran, silahkan unggah Form C yang cukup diisi dengan menuliskan nama pemberi rekomendasi dan diberi keterangan sudah mengisi rekomendasi secara online pada link diatas.
Bantu jawab ya kak. Ada di web admisi.ipb.ac.id
DeleteBagi calon mahasiswa pascasarjana yang mengalami kesulitan untuk meminta rekomendasi secara langsung kepada pemberi rekomendasi pada situasi pandemi corona saat ini, silahkan menggunakan link rekomendasi online berikut ipb.link/rekomendasi-ipb untuk dapat diisi oleh pemberi rekomendasi. Pada step pengisian rekomendasi pada laman pendaftaran, silahkan unggah Form C yang cukup diisi dengan menuliskan nama pemberi rekomendasi dan diberi keterangan sudah mengisi rekomendasi secara online pada link diatas.
Bantu jawab ya kak, ini ada di web admisi.ipb.ac.id
ReplyDeleteBagi calon mahasiswa pascasarjana yang mengalami kesulitan untuk meminta rekomendasi secara langsung kepada pemberi rekomendasi pada situasi pandemi corona saat ini, silahkan menggunakan link rekomendasi online berikut ipb.link/rekomendasi-ipb untuk dapat diisi oleh pemberi rekomendasi. Pada step pengisian rekomendasi pada laman pendaftaran, silahkan unggah Form C yang cukup diisi dengan menuliskan nama pemberi rekomendasi dan diberi keterangan sudah mengisi rekomendasi secara online pada link diatas.